Buah Yang Mengandung Vitamin E

Buah Yang Mengandung Vitamin E

 

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang membantu kita dalam meningkatkan imun atau kekebalan tubuh terhadap virus atau penyakit, dan bagi yang ingin kulitnya terlihat bagus dan ingin menjaga keremajaan kulit konsumsilah vitamin E. Vitamin ini bisa kita dapati pada beberapa daging, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan juga minyak. Seperti dilansir dari laman medicalnewstoday.com bahwa vitamin E adalah senyawa yang larut dalam lemak dengan antioksidan, vitamin E berfungsi juga sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang bisa masuk ke dalam tubuh karena paparan polusi, asap rokok, cahaya matahari, yang efek dari radikal bebas dapat menyebabkan stress oxidatif, kerusakan sel, penuaan dan juga pemicu beberapa penyakit seperti kanker, Parkinson, Alzheimer, diabetes, penyakit cardiovascular dan lainnya.

Namun tidak semua bahan pangan yang mengandung vitamin E dapat kita temui dengan mudah di negara kita. Bahkan beberapa makanan yang mengandung vitamin E ini harus di impor dari luar negri. Saat ini sudah banyak yang memproduksi suplemen untuk vitamin E, namun alangkah baiknya jika kita mendapatkan vitamin E dari makanan, untuk itu kita akan membahas makanan yang mudah kita dapat dan juga sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat kita di Indonesia. Berikut ini adalah buah yang mengandung vitamin E yang mudah kita dapat dari sumber terdekat kita.

  1. Alpukat

 

 

 

 

 

Alpukat adalah salah satu buah kegemaran kita yang biasa kita konsumsi dengan diolah menjadi jus, rasa alpukat yang khas dan teskturnya yang lembut disukai oleh berbagai kalangan usia, namun ternyata dibalik rasa dan teksturnya itu alpukat memberikan banyak sekali manfaat untuk badan kita, mengandung sedikit sekali gula dan banyak kandungan potassium. Dalam 100 gram alpukat terdapat 2,07 mg vitamin E, ini menjadikan buah alpukat sebagai penyumbang kandungan vitamin E yang lumayan banyak.

 

 

 

  1. Mangga

 

 

 

 

 

Bersyukurlah kita hidup di wilayah Asia Tenggara sehingga kita bisa mendapati mangga dengan mudah di negara kita, buah ini sangat popular untuk dikonsumsi dan juga bisa dijadikan berbagai olahan pangan karena rasanya yang manis, asam, dan lembut. Mangga lebih dikenal karena banyak mengandung vitamin C, namun ternyata mangga juga terdapat kandungan vitamin E. Dilansir dari healthline.com bahwa di dalam satu cangkir mangga (165 gram) terdapat 9,7% dosis harian vitamin E. Jadi dengan kita mengkonsumsi buah mangga kita sudah mendapatkan anti oksidan, serat untuk pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut juga menurunkan resiko terkena kanker.

  1. Kiwi

 

 

 

Meskipun buah kiwi bukan lah buah yang tumbuh di negara tropis, namun kehadiran buah ini cukup mudah kita temui di berbagai supermarket, mini market atau pun toko buah terdekat. Buah kiwi terbilang buah yang unik karena tekstur kulitnya yang sedikit berserabut mirip bulu binatang, namun di dalamnya daging buah kiwi terasa lembut dan manis. Untuk kandungan vitamin pada buah kiwi juga terdapat kandungan vitamin E. Dikutip dari health.kompas.com bahwa 1 buah kiwi bisa mengandung 1 mg vitamin E atau sanggup mencakupi kebutuhan vitamin E harian hingga 6%.

 

 

 

 

 

 

  1. Sawo

 

 

 

Buah sawo ini dikenal juga dengan nama Sapodilla bisa juga dijumpai di berbagai negara lain seperti Meksiko, Amerika Tengah, Thailand, Malaysia, Kamboja, India, dan Indonesia. Meskipun sawo tidak setenar buah lain yang sudah kita bahas di atas namun buah sawo memiliki beragam manfaat selain rasanya yang manis. Buah sawo bagus untuk kesehatan usus, mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan juga untuk menguatkan daya kekebalan tubuh (imun). Untuk kandungan vitamin E pada buah sawo seperti dilansir dari laman healthline.com terdapat 5,9 mg untuk separuh sawo ukuran besar.

  1. Black Currant

 

 

 

Siapa sangka buah black currant yang berukuran kecil ini ternyata menyimpan khasiat yang besar sekali, buah black currant mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga vitamin E. Para peneliti telah menemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah ini bisa membantu melancarkan peredaran darah, menambah kekebalan tubuh, membantu memelihara kesehatan mata, membantu alat pencernaan agar berfungsi dengan baik. Black currant banyak dijumpai di negara Eropa dan Amerika, dan buah ini biasanya dijadikan olahan lain yang digemari negara-negara lain di dunia. Black currant bisa dijadikan buah kering, sarinya dijadikan minyak, bahkan diolah menjadi bentuk pil dan kapsul sebagai suplemen makanan. Sebuah alternatif lain jika ingin menikmati buah-buahan yang mengandung vitamin E

 

Demikianlah informasi buah yang mengandung vitamin E, dengan segala kekayaan alam yang dimiliki di negara kita sudah sepatutnya kita merasa bersyukur bisa berada di tempat yang kaya akan tanaman dan buah-buahan yang beraneka ragam dan melimpah, semoga semua kekayaan alam yang kita miliki ini dapat kita olah dan pergunakan dengan bijak. Dengan kemajuan teknologi saat ini banyak yang sudah hampir melupakan khasiat alami yang dari alam yang tentunya lebih aman untuk kita konsumsi. Semoga kita semua diberi kesehatan yang paripurna.

 

 

 

 

Leave a Comment