Buah yang Mengandung Vitamin C

Buah yang Mengandung Vitamin C

 

Sekarang ini masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang sadar akan pentingnya asupan tambahan berupa vitamin bagi tubuh. Ditambah lagi dengan adanya pandemi corona yang telah memberikan dampak fatal bagi kehidupan manusia di seluruh muka belahan dunia, membuat manusia semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, ini terlihat dari perubahan gaya hidup yang mulai memprioritaskan makanan yang kaya akan vitamin untuk dikonsumsi, bahkan ada yang mulai mengganti cemilan yang biasanya tidak bergizi dan kurang bermanfaat beralih ke buah-buahan segar.

 

 

 

 

 

 

 

            Buah-buahan mulai menjadi konsumsi sehari-hari karena selain rasanya yang enak dan segar buah juga terkenal sebagai sumber vitamin untuk tubuh. Vitamin yang paling banyak dicari orang salah satunya adalah vitamin C, manfaat vitamin C antara lain membantu perawatan kulit, pembuluh darah, dan juga membantu proses penyembuhan karena vitamin C sangat membantu peningkatan imun tubuh, itu kenapa orang yang sedang sakit akan dianjurkan oleh dokter untuk mengkonsumi buah yang mengandung vitamin C.

            Buah yang mengandung vitamin C sangat mudah didapat, harganya pun relatif terjangkau berbagai kalangan. Kebanyakan orang ketika disebut buah yang mengandung vitamin C yang langsung terbesit dalam benak mereka adalah buah jeruk, padahal ada juga beberapa buah yang kandungan vitamin C nya juga tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada jeruk. Nah mari kita coba bahas aneka buah yang mengandung vitamin C.

 

 

 

 

  1. Jambu biji

 

 

 

 

 

Buah yang satu ini sering kita jumpai di pinggir jalan atau di pekarangan rumah seseorang dan seringkali menjadi sasaran anak-anak kecil untuk dipetik, namun ternyata buah jambu biji ini sangat kaya akan kandungan vitamin C yang bahkan kadungan vitamin C nya lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Jambu juga bagus untuk kulit kita karena jambu biji juga mengandung anti oksidan dan mineral yang bisa membuat kulit lebih sehat dan cerah. Adanya kandungan vitamin C pada buah ini dapat menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini pada kulit dan menambah elastisitas kulit.

 

  1. Buah Kiwi

 

 

 

 

 

Buah ini terlihat unik karena tertutup oleh kulit yang mempunyai bulu berwarna coklat namun daging buahnya berwarna hijau, meskipun tampilan luarnya terlihat tidak terlalu menarik namun buah kiwi sangat kaya akan vitamin C dan serat sehingga kiwi bisa membantu mengatasi masalah pencernan, buah kiwi juga sangat direkomendasikan sebagai anti oksidan dan membantu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, serta rasanya yang manis bertekstur lembut serta rendah kalori menjadikan buah kiwi sebagai buah yang dapat dikonsumi sebagai buah cemilan, juga sebagai pencuci mulut sebagai pengganti kue atau junk food lain yang tinggi akan kalori. New Zealand adalah negara yang banyak menghasilkan buah kiwi, buah ini terkenal sebagai makanan tambahan untuk sarapan pagi atau di saat makan siang. Buah ini bisa dengan mudah kita dapat di berbagai mini market atau di toko-toko buah terdekat.

 

  1. Buah Pepaya

 

 

 

 

Kita patut bersyukur bisa hidup di negara tropis, sehingga kita bisa menjumpai buah pepaya dengan mudah sekali, sehingga orang Indonesia terbiasa memakan buah papaya dalam berbagai jenis olahan. Selain banyak mengandung vitamin C ternyata pepaya itu sangat kaya akan nutrisi dan kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat efektif sekali dikonsumsi untuk orang yang mengalami sembelit (susah buang air besar) ini dikarenakan pepaya mengandung enzim yang bernama papain, ini adalah enzim proteolitik yang diambil dari sari pepaya yang fungsinya untuk membantu memecah protein menjadi serpihan fragment kecil yang disebut peptida dan asam amino. Papain ini umumnya digunakan untuk membuat daging menjadi empuk.

  1. Stroberi

 

 

 

 

Buah yang sangat digemari anak-anak ini sudah dikenal memiliki kandungan vitamin C yang banyak dan juga mengandung mineral, ini yang membuat stroberi mempunyai rasa yang segar dan manis, meskipun stroberi rasanya manis namun buah ini memiliki kadar kalori rendah dan bisa mengontrol kadar hormon insulin dan gula darah. Bagi yang ingin meredakan rasa stress buah stroberi sangat cocok dikonsumsi, baik dikonsumsi langsung maupun dicampur dengan makanan lain seperti coklat atau eskrim

  1. Nanas

 

 

 

 

Satu lagi buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan hanya tumbuh di daerah tropis, yaitu nanas. Buah ini terasa masam dan segar sehingga biasanya dijadikan rujak atau jus. Secara ilmiah nanas mempunyai kandungan bernama bromelain yaitu enzim yang baik untuk pencernaan kita, nanas dapat menjadikan molukel protein berubah menjadi asam amino dan peptide sehingga tubuh kita akan mudah mencerna makanan. Kandungan bromelain pada nanas juga sering digunakan sebagai pelembut daging.

 

  1. Lemon

 

 

 

 

            Lemon tergolong buah-buahan sitrus sama halnya seperti jeruk, manfaat dari lemon pun sama seperti jeruk pada umumnya yaitu kaya akan vitamin C, mengandung folat, potassium, flavonoid. Merujuk pada world’s healthiest food seperempat gelas jus lemon 31% vitamin c yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, 3% folat dan 2% potassium. Lemon utuh mengandung 139% vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya dan memiliki 22 kalori. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menimbulkan refluks lambung dan kandungan asamnya lama kelamaan bisa mengikis lapisan email gigi.

 

Apapun jenis buah yang kita konsumsi akan lebih bermanfaat lagi apabila kita memperhatikan kebersihan dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan, setiap vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita pada dasarnya baik dan menyehatkan. Semoga artikel ini bisa menjadi ikhtiar kita dalam mendapatkan tubuh yang sehat dan kondisi yang prima

 

 

 

Leave a Comment