Apa Yang Dimaksud Cerita Fiksi

5 Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Belajar Apa Yang Dimaksud Cerita Fiksi

 

apa yang dimaksud cerita fiksi

Kegiatan membaca bisa dijadikan suatu hoby alternatif di kala jenuh melanda. Banyak cerita yang bisa dinikmati, salah satunya adalah cerita fiksi. Namun sebelumnya, sudah tahukan apa yang dimaksud cerita fiksi?
Sering kali pembaca masih bingung dalam ketika membaca cerita. Apakan cerita yang dibaca masuk ke dalam cerita fiksi, horor komedi atau yang lainnya. Oleh karenaya dipelukannya pengetahuan dalam hal tersebut. Minimal ke depannya pembaca dapat tahu untuk mengetahui cerita yang sedang dibaca.
Definisi Apa Yang Dimaksud Cerita Fiksi
Nah, apa yang dimaksud cerita fiksi? cerita fiksi merupakan cerita yang ditulis berdasarakan karangan atau rekayasa dari penulisnya. Jadi semua tergantung dari keinginan penulis, mau dibawa ke mana jalan dan endingnya.
Cerita fiksi banyak diminati, karena ada yang mirip dengan kejadian sehari-hari atau bahkan mirip dengan kisah kehidupan seseorang. Degan begitu jenis cerita fiksi ini mampu membawa pembaca ikut serta larut dalam cerita tersebut.
Ciri-Ciri Cerita Fiksi
Setelah mengetahui apa yang dimaksud cerita fiksi?, selanjutnya adalah mengenal ciri-ciri dari cerita fiksi tersebut. Seperti apa cirinya, berikut ringkasannya.
1. Cerita Yang Bersifat Rekayasa
Cerita fiksi merupakan cerita yang memiliki sifat rekayasa dan imajinatif. Jadi cerita fiksi wujud dari imajinasi penuisnya.
2. Cerita Yang Tidak Mutlak Kebenarannya
Di dalam cerita fiksi terdapat kebenaran yang tidak mutlak, tentu saja karean cerita ini relatif mengandung sebuah kebenaran. Tergantung bagaiman penulis mengemas cerita yang dibuatnya Bisa murni mengambil dari kisah seseorang atau cerita hidupnya.
3. Menggunakan Bahasa Yang Konotatif
Cerita fiksi ini pada umumnya menggunakan bahasa yang sifatnya konotatif, sehingga bukan sebenarnya. Oleh karenanyalah tulisan yang dibuat bukanlah yang sebenarnya.
4. Jarang Menggunakan Sistem Baku
Cerita fiksi ini biasanya menggunakan, sistem yang baku. Oleh karenanya dalam penuliasannya pun terkadang tidak menggunakan bahasa atau kata yang baku sesuai dengan standar penulisan yang berlaku.
5. Menyasar Emosi Perasaan Pembacanya
Apa sebenarnya yang diharapkan dari apa yang dimaksud cerita fiksi?, yaitu masuk ke dala emosi dan perasaan pembacanya. Tidak jarang cerita fiksi ini mampu mempengaruhi perasaan bawah sadar pembaca.
Misal jika jalannya cerita sedih, pembaca bisa iku larut dalam tangisan ata sebaliknya. Jika perasaan bisa membawa pembacanya ikut larut, aka bisa dikatakan cerita fiksi tersebut berhasil dalam menyuguhkan cerita fiksi yang apik.
Semoga dengan penjelasan apa yang dimaksud cerita fiksi? dapat membantu dalam memahami dalam mempelajari cerita fiksi ke depannya. Siapa tahu, dengan berbekal ilmu ini dapat menciptakan penulis fiksi yang handal.

 

 

Leave a Comment